Sejarah

Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HMTP), didirikan pada tanggal Oktober 1977.
HMTP didirikan dengan tujuan sebagai wadah bagi Jurusan Teknologi Pangan agar para mahasiswanya dapat berperan dalam mempersiapkan diri sebagai calon sarjana Teknologi Pangan baik dalam penerapan ilmu maupun dalam konteks sosial dengan lingkungannya. Selain itu HMTP juga dapat berperan dalam menampung aspirasi-aspirasi mahasiswa yang dapat disumbangkan bagi kepentingan HMTP pada khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya.

Keberadaan HMTP sebagai lembaga kemahasiswaan yang mempunyai hak dan perlakuan yang sama dengan lembaga kemahasiswaan yang sederajat dilingkungan Universitas Pasundan. Sejak berdirinya, HMTP sudah banyak melaksanakan kegiatan yang dilakukan oleh para pengurusnya, yaitu :
1. Kunjungan Industri, yaitu mengunjungi pusat-pusat industri pangan yang diadakan hampir setiap tahun.
2. Keikutsertaan dalam kegiatan seminar dan diskusi ilmiah tentang Teknologi Pangan
3. Menggelar kegiatan seminar, pelatihan, atau pameran mengenai Teknologi Pangan secara umum atau yang lebih spesifik misalnya Keamanan Pangan,HACCP, ISO, atau FOOD EXPO.
4. Diesnatalis, yaitu pekan olahraga antar angkatan dan dosen serta karyawan di Jurusan Teknologi Pangan yang diadakan setiap tahun,kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar angkatan di Jurusan Teknologi Pangan. Dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lain yang pernah diikuti dan akan dilaksanakan oleh pengurus HMTP, FT-UNPAS.

Pada usianya yang semakin meningkat ini HMTP, menginginkan agar bendera HMTP semakin berkibar dengan menunjukkan eksistensi para mahasiswa Teknologi Pangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan kemasyarakatan, dan HMTP berharap agar semua mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan dapat turut serta dan berperan aktif dengan berbagai kreatifitas dan aktivitasnya untuk menggerakan dan memunculkan nama HMTP tidak hanya dikalangan Universitas Pasundan saja tetapi juga dikalangan masyarakat umum.